PENGENALAN MICROSOFT EXCEL 2010 MENGENAL MENU DAN FUNGSI MENU MS EXCEL

(tips dan solusi konfigurasi router)
PENGENALAN MICROSOFT EXCEL 2010 MENGENAL MENU DAN FUNGSI MENU MS EXCEL

A.     Home
Clipboard
a)      Paste: Menempelkan hasil perintah cut/copy yang ada di clipboard.
b)      Cut: Memindahkan bagian yang ditandai ke clipboard.
c)      Copy: Menyalin ke clipboard.
d)      Format Painter: Melakukan copy format
Font
a)      Font Size: Mengatur ukuran huruf.
b)      Increase/Decrease Font: Menaikkan dan menurunkan ukuran font satu tingkat (sesuai tingkatan  font size).
c)      Bold, Italic, Underline: Menebalkan, memiringkan, menggarisbawahi (garis bawah satu atau ganda) teks.
d)      Border: Membuat garis bingkai sel.
e)      Fill: Mewarnai sel.
f)       Color: Mewarnai huruf.
Paragraph
a)      Vertical Alignment: Mengatur posisi teks secara vertikal pada sel. Atas, tengan, dan bawah.
b)      Perataan teks: Mengatur perataan teks, kiri, tengah, dan kanan.
c)      Indent: Menambah dan mengurangi inden teks.
d)      Teks Orientation: Mengubah kemiringan teks.
e)      Merge Cell: Menggabungkan sel.
f)       Page Break: Mengatur pemisah halaman.
Number
a)      Number Format Cell: Pengaturan jenis penulisan angka.
b)      Currency: Format angka untuk mata uang.
c)      Persen: Format angka persen.
d)      Comma: Mengubah nilai koma ribuan.
e)      Increase/Decrease Decimal: Menambah dan mengurangi nilai decimal.
Styles
a)      Conditional Formatting: Melakukan format terkondisi.
b)      Format as Table: Membuat format warna, huruf tabel  (seluruh sel) secara cepat.
c)      Cell Styles: Membuat format sel secara cepat, memformat warna dan huruf sel.
Cells
a)      Insert: Untuk menambah sel yang ingin dibuat, baik satu baris, satu kolom, maupun sesuai kebutuhan.
b)      Delete: Menghapus sel, dengan pilihan menghapus seluruh sel, sel yang vertikal dan horisontal, sesuai dengan yang diinginkan user.
c)      Format: Melakukan format sel.
Editing
a)      Fill: Membuat pola angka secara kontinu.
b)      Clear: Menghapus semuanya dari sel, nilai, hingga format.
c)      Sort & Filter: Mengatur data agar mudah dianalisis.
d)      Find & Select: Mencari dan menyeleksi teks dalam lembar kerja.
B.      Insert    
Tables
a)      Pivot Table: Memasukkan tabel pivot.
b)      Table: Memasukkan table.
Illustrations
a)      Picture: Menambahkan gambar pada worksheet.
b)      Clip Art: Menambahkan gambar clipart pada worksheet.
c)      Shapes: Menambahkan gambar bentuk tertentu.
d)      Smart Art: Memasukkan objek smartart.
Charts
a)      Coloumn: Memasukkan grafik kolom.
b)      Line: Memasukkan grafik garis.
c)      Pie: Memasukkan grafik pie.
d)      Bar: Memasukkan grafik batang.
e)      Scatter: Memasukkan grafik distribus.
f)       Other Chart: Memasukkan grafik lainnya.
Link
a)      Hyperlink: Memasukkan hyperlink pada worksheet.
b)      Textbox: Memasukkan kotak teks.
c)      Header & Footer: Memasukkan header dan footer.
d)      WordArt: Memasukkan teks dekoratif.
e)      Signature Line: Memasukkan garis tanda tangan.
f)       Object: Memasukkan objek.
g)      Symbol: Memasukkan symbol.
Symbols
a)      Equation: digunakan untuk menyisipkan simbol-simbol persamaan, terutama dalam bidang matematika.
b)      Symbol: digunakan untuk menyisipkan karakter khusus.
C.      Page Layout 
Themes
a)      Theme: Mengubah tema tampilan excel.
b)      Color: Mengubah warna tema.
c)      Font: Mengubah jenis font tema.
d)      Effect: Mengubah efek tema.
Page Setup
a)      Margin: Mengubah margin halaman.
b)      Orientation: Mengubah orientasi halaman.
c)      Size: Mengubah ukuran kertas.
d)      Print Area: Menentukan area tertentu untuk proses cetak.
e)      Breaks: Menentukan pemisah halaman.
f)       Background: Menentukan gambar untuk latar.
g)      Print Title: Menentukan baris atau kolom yang dicetak pada setiap halaman.
Scale to Fit
a)      Width: Menentukan lebar hasil cetak agar sesuai banyaknya kertas.
b)      Height: Menentukan tinggi hasil cetak agar sesuai banyaknya kertas.
c)      Scale: Memperbesar atau memperkecil hasil cetak sesuai persentase ukuran.
Sheet Option
a)      Gridlines: Mengatur tampilan garis grid di layar dan di hasil cetakan.
b)      Heading: Mengatur tampilan header di layar dan di hasil cetakan.
Arrange
a)      Bring to Front: Memindahkan objek ke depan.
b)      Send to Back: Memindahkan objek ke belakang.
c)      Selection Pane: Memperlihatkan panel seleksi objek.
d)      Align: Meluruskan objek.
e)      Group: Mengelompokkan objek.
f)       Rotate: Melakukan rotasi objek.
D.     Formulas
Function Library:
a)      Insert Function: Memasukkan fungsi/guna pada sel yang diseleksi
b)      Auto Sum: Menunjukkan/menampilkan hasil perhitungan sederhana, seperti rata-rata dll.
c)      Recently Used: Menampilkan fungsi-fungsi yang baru digunakan digunakan.
d)      Financial: Menampilkan fungsi keuangan.
e)      Logical: Menampilkan fungsi logika/mantik.
f)       Text: Menampilkan fungsi teks.
g)      Date & Time: Menampilkan fungsi tanggal dan waktu.
h)      Lookup & Reference: Menampilkan fungsi lookup dan keterangan.
i)        Math & Trig: Menampilkan fungsi matematikan dan trigonometri.
j)        More Function: Menampilkan pilihan fungsi lain seperti misalnya statistika.
Definend Names
a)      Name Manager: Membuat, mengedit dan menghapus serta menemukan semua nama yang   digunakan dalam workbook.
b)      Define Name: Nama-nama sel sehingga kamu dapat mengacu dalam formula/rumus  dengan nama tersebut.
c)      Use In Formula: Memilih nama yang digunakan dalam buku kerja dan dimasukkan ke  dalam formula yang telah digunakan.
d)      Create from Selection: Membuat nama secara otomatis dari sel yang diseleksi
Formula Auditing
a)      Trace Precedents: Memperlihatkan panah pada sel lain yang memepengaruhi nilai sel ini.
b)      Trace Dependents: Memperlihatkan panah pada sel lain yang dipengaruhi nilai sel ini.
c)      Remove Arrows: Menghilang panah Trace Dependents atau Trace Precedents.
d)      Show Formulas: Menampilkan formula di setiap sel dan membuat hasil.
e)      Error Checking: Melakukan pengecekan akan adanya kesalahan pada formula.
f)       Evaluate Formula: Menampilkan kotak dialog penilaian formula.
g)      Watch Window: Memantau nilai sel sebagai perubahan yang dibuat di lembar
Calculation
a)      Calculation Options: Menetapkan ketika formula dihitung.
b)      Calculate Now: Menghitung seluruh lembar kerja sekarang.
c)      Calculate Sheet: Menghitung lembar yang ada/digunakan.
E.      Data 
Get External Data
a)      From Access: Memasukkan data dari Ms. Access.
b)      From Web: Memasukkan data dari web.
c)      From Text: Memasukkan data dari teks.
d)      From Other Sources: Memasukkan data dari sumber lain.
e)      Existing Connections: Memasukkan data dari sumber yang pernah digunakan.
Connections
a)      Refresh All: Menyegarkan kembali data yang diambil dari sumber.
b)      Connections: Memperlihatkan semua koneksi data pada workbook.
c)      Properties: Melakukan spesifikasi koneksi data pada workbook.
d)      Edit Links: Mengatur koneksi data dari file lain.
Sort & Filter
a)      Sort: Memunculkan kotak dialog pengurutan.
b)      Sort A to Z: Mengurutkan dari yang terkecil sampai terbesar.
c)      Sort Z to A: Mengurutkan dari yang terbesar sampai terkecil.
d)      Filter: Melakukan penyaringan terhadap sel.
e)      Clear: Menghapus penyaringan pada sel.
f)       Reapply: Melakukan kembali penyaringan.
g)      Advanced: Melakukan penyaringan spesifik.
Data Tools
a)      Text to Columns: Memisah isi sel menjadi beberapa kolom.
b)      Remove Duplicates: Menghilangkan bagis duplikasi.
c)      Data Validation: Mencegah data yang tidak valid masuk ke sel.
d)      Consolidate: Menyatukan nilai beberapa range dalam satu range.
e)      What-If Analysis: Mencoba beberapa nilai pada formula.
Outline
a)      Group: Mengelompokkan baris sel sehingga mereka dapat memendek dan memanjang.
b)      Ungroup: Memisahkan sel yang mengelompok.
c)      Subtotal: Menghitung total beberapa baris data yang berhubungan.
F.       Review 
Proofing
a)      Spelling: Mengecek ejaan pada tulisan yang ada dalam dokumen ms. excel yang sedang aktif.
b)      Research: Mencari materi referensi seperti kamus dll.
c)      Thesaurus: Menyarankan kata dengan arti yang sama/hampir sama.
Language
a)      Translate: Menerjemahkan kata/paragraph ke dalam bahasa lain menggunakan kamus 2 bahasa   atau mesin penerjemah.
Comments
a)      New Comment: Membuat kotak untuk menulis komentar /ulasan mengenai tulisan yang ada di dalam lembar kerja ms. Excel.
b)      Delete: Menghapus komentar/ulsasan yang telah diseleksi.
c)      Previous: Menuju ke komentar/ulasan sebelumnya.
d)      Next: Menuju ke komentar/ulasan sesudahnya.
e)      Show/Hide Comment: Menampilkan/menyembunyikan komentar/ulasan.
f)       Show All Comments: Menampilkan semua komentar/ulasan.
g)      Show Ink: Menampilkan/menyembunyikan tinta catatan di lembar kerja.
Changes
a)      Protect Sheet: Melindungi lembar kerja yang ada dalam ms. Excel.
b)      Protect Workbook: Melindungi buku kerja/data ms. Excel.
c)      Share Workbook: Membagi/menerbitkan buku kerja.
d)      Protect and Share Workbook: Melindungi dan menerbitkan buku kerja.
e)      Allow User to Edit Ranger: Memperbolehkan pengguna untuk mengedit.
f)       Track Changes: Menelusuri perubahan yang terjadi pada dokumen
G.     View 
Workbook Views
a)      Normal: Menampilkan dokumen secara normal.
b)      Page Layout: Mengatur tampilan latar belakan lembar kerja.
c)      Page Break Preview: Melihat tampilan dokumen beserta pemotongan setiap halaman.
d)      Custom View: Menyimpan setting tampilan dan hasil cetak.
e)      Full Screen: Melihat dokumen dalam mode layar penuh.
Show
a)      Ruler: Menampilkan/tidak penggaris.
b)      Gridlines: Menampilkan/tidak garis kisi.
c)      Formula Bar: Menampilkan/tidak batang formula.
d)      Headings: Menampilkan/tidak heading
Zoom
a)      Zoom: Mengatur besar tampilan.
b)      100% : Besar tampilan 100%.
c)      Zoom to Selection: Memperbesar tampilan sesuai bidang seleksi
Window
a)      New Window: Membuka jendela baru dengan data sama
b)      Arrange All: Mengatur semua jendela sejajar berdampingan
c)      Freeze Panes: Membuat sebagian lembar kerja terlihat dan lainnya menggulung
d)      Split: Membagi jendela menjadi beberapa penel yang memperlihatkan lembar kerja.
e)      Hide: Menyembunyikan jendela terseleksi.
f)       Unhide: Memunculkan jendela tersembunyi.
g)      View Side by Side: Menampilkan jendela berdampingan.
h)      Synchronous Scrolling: Membuat dua jendela menggulung bersamaan.
i)        Reset Window Position: Menset ulang posisi jendela berdampingan.
j)        Save Workspace: Menyimpan pengaturan tampilan jendela sehingga dapat dibuka kembali  dengan tampilan yang sama.
k)      Switch Windows: Berganti jendela yang aktif.
Macros
a)      Macros: Memperlihatkan macro dokumen.



Komentar